Berbagai Aspek Yoga Jakarta Selatan

 

Senam Yoga dipercaya telah dipraktikkan oleh orang-orang sejak 4000 tahun yang lalu. Sementara orang-orang barat sudah lebih dahulu mengenal senam yang satu ini, yakni sekitar 30 tahun yang lalu. Hal tersebut dilakukan karena Yoga terbukti mampu memberikan manfaat yang cukup besar, mulai dari tercapainya fleksibilitas sampai dengan mengurangi gejala stress. Sementara itu, di Indonesia Yoga mulai populer pada tahun 90-an. Kepopuleran Yoga juga terjadi di kawasan Jakarta Selatan.

Yoga Jakarta Selatan memang dikenal sebagai salah satu senam yang dapat mendatangkan beragam manfaat. Tak hanya bagi jasmani, namun juga bagi rohani bagi seseorang yang melakukannya. Perlu Anda ketahui bahwa Yoga Jakarta Selatan memiliki berbagai gaya serta aliran yang berbeda. Bagi Anda yang baru memulai melakukan senam Yoga, maka alangkah baiknya jika pilihlah jenis Yoga yang sesuai dengan kemampuan Anda sebagai pemula dan juga sesuai kebutuhan Anda.

Yoga tak hanya dikenal dapat meningkatkan konsentrasi serta kesadaran spiritual seseorang. Beberapa jenis yoga juga dipercaya dapat meningkatkan kekuatan tubuh secara fisik. Jenis yoga tersebut diantaranya ialah Iyengar yoga, Kundauni yoga, Power yoga, dan Ishta Yoga.

Terdapat beragam pose yoga Jakarta Selatan. Mulai dari tingkatan yang mudah untuk dilakukan sampai yang sulit sehingga membutuhkan waktu latihan yang cukup banyak dan lama. Adapun jenis yoga yang umum dilakukan adalah yoga Hatha yang memiliki berbagai pose, Pranayana yang juga melibatkan pengaturan napas serta Dhyana atau meditasi. Meskipun pada praktiknya yoga ini harus berlatih langsung dengan guru, ada juga pose-pose dasar yang bisa Anda lakukan sendiri dirumah.

Namun yang tak kalah penting untuk diketahui dari yoga selain jenis dan pose, ialah beragam aspek yang terdapat dalam yoga. Sedikitnya ada delapan aspek dalam senam yoga yang saling keterkaitan satu sama lain. Kedelapan aspek tersebut antara lain Samadhi yang memiliki arti kesadaran penuh atau mindfullness, Dhyna yang artinya meditasi, Pranayama yakni latihan pernapasan, Asana artinya latihan postur-postur, Niyama artinya disiplin diri sebagai implementasi dari tindakan pensucian, dan yang terakhir ialah Yama yang artinya ajaran moral yang bersifat universal.

Aspek Niyama serta Yama dipercaya mampu mengontrol nafsu serta emosi Anda yang melakukan senam yoga. Tak hanya itu, kedua aspek ini juga bisa menjaga hidup agar tetap harmoni baik harmoni dengan diri sendiri maupun sesama manusia yang berada dalam lingkungannya. Selain aspek yang nmengontrol secara rohani, terdapat pula aspek yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh secara jasmani, yakni aspek Asana. Aspek ini mampu membuat tubuh menjadi kuat, serta akan menciptakan keharmonisan antara pikiran, tubuh serta jiwa Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*